Kabar Unik, Makan Jamur Beracun Ramai-ramai

Kabar Unik, Makan Jamur Beracun Ramai-ramai. Terdapat jenis jamur beracun yang ada di dunia ini. Apa jenis jamurnya? Gyromitra Esculenta, atau Morel Palsu. Padahal sejatinya, jamur ini adalah jamur musim semi yang mengandung senyawa beracun dan karsinogen gyromitrin.

makan jamur beracun

Di negara lain senyawa ini digolongkan berbahaya, ilegal untuk dijual dan dimasak. Tapi di Finlandia, orang-orang tidak ambil pusing beracun atau tidaknya, kalau enak, ya enak.Selama berabad-abad, jamur satu ini memang telah dikonsumsi secara turun-temurun. Namun, beriringan dengan perkembangan ilmu kimia serta obat-obatan, akhirnya menjadi dilarang untuk dikonsumsi karena adanya kandungan gyromitrin.

Bahaya Gyromitrin

Gejala yang terkait makan jamur beracun ini adalah efek karsinogen yang akut termasuk, sakit kepala parah, muntah, mual, pusing yang parah, diare dan lama kelamaan bisa membawa kerusakan pada hati yang serius. Akhirnya kematian. Pemerintah Skandinavia pun tidak tinggal diam, penjualannya di Swedia dan Norwegia jadi ilegal sejak tahun-tahu lalu. Tapi di Finlandia orang masih memakannya dengan lahap.

Kabar unik baru-baru ini menampilkan video menarik tentang popularitas jamur False Morels di Finlandia, seperti ikan fugu yang membawa kematian, tapi masih bisa dikonsumsi di Jepang. Rahasianya adalah mengolahnya dengan benar sehingga membuat jamur ini relatif aman untuk dikonsumsi.

Walau begitu gyromitrin pada jamur itu tidak seperti fugu yang ada di satu tempat, tapi menumpuk di seluruh jamur, sehingga memasak dengan benar pun tidak membantu sama sekali. Tetap saja dimasak dengan benar atau tidak orang tetap makan jamur beracun dan itu faktanya.

Akhirnya dibuat semacam kesepakatan umum yakni seperti halnya konsumsi alkohol jangan sesering mungkin, jika terlalu sering makan maka bisa merusak hati. Upaya konsumsi jamur beracun itu akhirnya bisa dibatasi.

Cara Masak Jamur Beracun

Untuk mereka yang ingin sesekali makan jamur beracun ini, beginilah cara masak yang benar.

  • Pertama-tama jamur harus dibilas dengan banyak air dingin (satu liter untuk setiap 50 gram jamur) selama beberapa jam, setidaknya dua jam.
  • Kedua direbus dalam banyak air (setidaknya tiga bagian air untuk setiap satu bagian jamur) selama sekitar sepuluh menit, minimal lima menit.
  • Perhatian selama langkah ini, orang yang memasak harus berhati-hati agar tidak menghirup asap dari panci, karena dengan menghirupnya saja orang bisa pingsan atau muntah-muntah seolah terkena racun syaraf.
  • Setelah perebusan kali pertama, jamur harus dikeringkan dalam saringan dan dibilas dengan air dingin yang mengalir.
  • Kemudian langkah perebusan dan pembilasan harus diulangi sebelum jamur Morels Palsu ini dapat dikonsumsi atau dijadikan bahan dalam berbagai masakan.

Bahkan setelah melalui semua langkah ini, dipastikan masih ada jejak gyromitrin dalam jamur seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat menumpuk di dalam tubuh seiring waktu. Sehingga mereka yang makan jamur beracun ini harus berikan jeda memakannya setidaknya sebulan sekali.

Bahkan masih menurut Arsip Resep Nordik, ‚ÄúSeseorang tidak boleh berada di ruang tertutup bersama dengan jamur Morel Palsu yang segar. Ambil contoh  seperti di dalam mobil atau di ruangan yang berventilasi buruk. Jika nekat melakukannya, maka mereka akan alami sakit kepala dan mual yang disebabkan oleh hawa yang keluar dari Morel Palsu ini.

So, tampaknya makan jamur beracun ini menarik untuk sesekali dicoba. Beranikah Anda melakukannya kalau begitu? Namun, jangan coba-coba jika memang tidak mengetahui cara memasaknya dengan pasti.

Tinggalkan komentar