Hewan Unik Zaman Prasejarah yang Kini Sudah Punah

Hewan Unik Zaman Prasejarah yang Kini Sudah Punah. Berbicara mengenai dunia hewan memang tidak ada habisnya. Ilmuan selalu saja menemukan hewan spesies baru baik dari daratan maupun lautan. Namun, dari lautanlah hewan dengan spesies baru selalu ditemukan. Sejarah juga mengatakan bahwa hewan pada zaman prasejarah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari hewan yang ada sekarang ini.

hewan unik zaman prasejarah

Hewan prasejarah memang lebih unik dari hewan pada zaman sekarang. Selain ukuran tubuh yang besar, hewan prasejarah juga memiliki bentuk yang terlihat aneh dan cukup mengerikan. Ingin tahu hewan apa saja yang dimaksud? Simak penjelasan mengenai dunia hewan prasejarah berikut ini.

  1. Platybelodon: Gabungan Gajah dan Platypus

Hewan unik zaman prasejarah yang pertama adalah Platybelodon yang sering disebut sebagai gabungan dari gajah dan platypus. Hewan ini memiliki tubuh seperti gajah, tetapi belalainya menyerupai hewan platypus. Kadang hewan ini juga disebut gajah sekop karena mulutnya menyerupai sekop. Kemudian memiliki 2 gigi besar di rahang bawah yang digunakan sebagai pemotong cabang pohon.

  1. Anomalocaris: Udang Raksasa

Udang yang kita temui sekarang ini memiliki tubuh yang kecil dan yang paling besar adalah jenis lobster. Pada zaman prasejarah ada anomalocaris yaitu jenis udang terbesar. Ukuran tubuhnya mencapai 2 meter, jadi bisa dibayangkan betapa besarnya udang tersebut. Kemudian udang ini memiliki warna tubuh yang cukup gelap dan nampak mengerikan. Bisa dibayangkan betapa berbedanya udah zaman prasejarah dengan udang zaman sekarang.

  1. Helicoprion: Hiu Gergaji

Helicoprion termasuk hewan unik zaman prasejarah karena dianggap paling aneh dari bentuk tubuhnya. Hewan ini bentuknya nampak seperti hiu, tetapi memiliki rahang yang melingkar seperti spiral yang cukup tajam. Maka dari itu disebut sebagai hiu gergaji dan ketika mulutnya tertutup gergaji tersebut berputar untuk memotong mangsanya. Hewan ini juga dianggap memusingkan para ilmuan karena kondisi fisiknya yang berbeda dari jenis hewan laut lainnya.

  1. Hallucigenia: Hewan Berkaki 8 Pasang dengan Cakar

Dan yang tidak kalah membingungkan bagi para ilmuan adalah hewan Hallucigenia yang memiliki 8 pasang kaki dengan cakar disetiap kakinya. Diberi nama Hallucigenia karena bentuknya yang aneh dan terlihat seperti berada di dalam mimpi. Hewan ini juga dilengkapi dengan duri-duri yang berada di atas tubuhnya. Duri ini juga membuat para ilmuan kembali kebingungan mengenai penggunaan dari duri tersebut. Untuk perlindungan diri ataukah sebagai alat pemangsa.

  1. Nyctosaurus: Jenis Hewan Terbang yang Unik

Selain hewan daratan dan lautan, jenis hewan terbang juga tidak kalah uniknya. Nyctosaurus adalah jenis dinosaurus yang bisa terbang menggunakan sayap meskipun tidak memiliki bulu di tubuhnya. Hewan unik zaman prasejarah ini juga memiliki tulang besar yang terletak di bagian kepalanya. Tulang besar tersebut dianggap sebagai penyeimbang ketika Nyctosaurus terbang dan bisa disebut sebagai antena.

Baca juga : http://www.beritaaneh.com/2020/08/29/fakta-mengenai-mimpi/

  1. Chalicotheres: Gabungan Kuda dan Beruang

Chalitotheres memiliki tubuh yang besar dengan lengan yang cukup panjang, sehingga tubuhnya terlihat sangat besar. Selain itu lengannya digunakan sebagai alat untuk mengambil dedaunan dan mencabut tanaman. Namun, lengan bagian belakangnya pendek dan sangat kuat. Terkadang juga berjalan seperti gorila dan sudah punah sekitar 3,5 juta tahun lalu.

Hewan unik zaman prasejarah di atas semuanya sudah punah sejak berjuta-juta tahun lalu karena berbagai hal. Entah itu diburu oleh manusia atau karena bencana alam. Sehingga hewan yang kita jumpai sekarang ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil akibat dari revolusi atau perbuahan alam.

Demikianlah hewan unik zaman prasejarah yang bisa disampaikan. Untuk menjaga hewan-hewan yang kini masih ada, manusia dilarang memburu hewan yang dilindungi atau hewan liar lainnya. Karena bisa merusak ekosistem yang sudah ada.

Tinggalkan komentar