Mengenal Berbagai Perpustakaan Tertua yang Ada di Dunia, Menakjubkan

Mengenal Berbagai Perpustakaan Tertua yang Ada di Dunia, Menakjubkan! Buku mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari yang dulunya terbuat dari batu, kulit hewan hingga kertas dan sekarang malah tersedia secara digital akibat dari banyaknya para pengguna smartphone. Tidak seperti dulu, kini menemukan perpustakaan pun sangat mudah apabila kamu ingin menjumpai buku-buku kertas, karena banyak yang sudah didirikan di berbagai daerah.

perpustakaan tertua

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada perpustakaan yang sudah didirikan sejak zaman dahulu dan menjadi yang tertua di dunia? Tentunya ada rasa penasaran yang dirasakan dan ingin mengunjungi perpustakaan tersebut, bukan? Berikut fakta-fakta mengenai beberapa perpustakaan yang paling tertua di dunia!

  1. Perpustakaan Kota Ugarit, Suriah

Pada sekitaran tahun 1929 telah ditemukan reruntuhan dari kota Ugarit, yang kemudian ditemukan pula cukup banyak perpustakaan tertua di dalam kota tersebut. Letak dari perpustakaan-perpustakaan tersebut terungkap dari adanya prasasti di dalam kota. Contohnya saja ada perpustakaan yang dimiliki oleh kuil, kerajaan, hingga perpustakaan pribadi yang dipunyai oleh seorang diplomat dengan nama Rapanu.

Rapanu sendiri mempunyai sejumlah koleksi yang telah ditemukan di antaranya seperti arsip dipomasi, sastra, ekonomi hingga administratif. Menurut aksara yang diteliti, perpustakaan tersebut telah ada sejak paling tidak tahun 1400-an sebelum masehi. Tenti yang sudah sangat lama sekali, bukan?

  1. Perpustakaan Kerajaan Ebla, Suriah

Lagi, ditemukan perpustakaan tertua di dunia oleh seorang arkeolog Italia pada sekitaran tahun 1974-1979. Setelah ditemukannya perpustakaan tersebut, diketahui bahwa di dalamnya ada ribuan prasasti mulai dari yang utuh hingga yang belum disatukan. Perhitungannya ialah ada 2.000 prasasti utuh dengan ukuran berbeda mulai 30 cm hingga 120 cm. Ada pula 4.000-an prasasti yang ditemukan dalam keadaan berupa bongkahan besar, lalu 10.000 lagi bagian kecil prasasti yang belum disatukan di dalam perpustakaan tersebut.

Tentunya penemuan ini kemudian dinobatkan menjadi koleksi terbesar dari milenium ke-3 sebelum masehi yang pernah ditemukan. Prasasti yang ditemukan dulunya disimpan pada sebuah rak di masa kerajaan Ebla. Akan tetapi karena terjadinya kehancuran, bangunan-bangunannya pun ikut runtuh. Namun, untungnya bahwa beberapa prasasti tersebut ada beberapa yang masih bisa diteliti dan diselamatkan.

  1. Perpustakaan Al-Qarawiyyin, Maroko

Terakhir, perpustakaan tertua di dunia yang mesti kamu ketahui ada perpustakaan Al-Qarawiyyin yang bertempat di Maroko. Dibangun pada sekitaran tahun 859 oleh seorang perempuan bernama Fatima al-Fihri. Ia adalah anak dari pedagang kaya yang berasal dari Turki dan selain perpustakaan, Fatima juga telah membangun Masjid serta Universitas Qarawiyyin. Pastinya perempuan tersebut sangat mengagumkan sekali, bukan?

Baca juga : http://www.beritaaneh.com/2020/08/27/fakta-tentang-mauna-kea/

Perpustakaan Qarawiyyin termasuk dalam situs penting yang mana memiliki peran dalam peradaban manusia sekarang. Dulunya perpustakaan tersebut memang pernah mengalami sebuah kerusakan yang sangat besar, hingga kemudian diputuskan untuk merombaknya habis-habisan dan menjadikan perpustakaan tersebut sebagai tempat wisata sejarah untuk publik yang dibuka pada sekitaran tahun 2017 lalu. Akan sangat menyenangkan apabila bisa melihat koleksi dari perpustakaan tertua yang satu ini.

Sampai saat ini, perpustakaan tertua yang ada di dunia seperti yang telah disebut di atas masih bisa dikunjungi. Tentunya semua memiliki sejarah yang  sama yaitu telah mengalami kehancuran dan ditemukan kembali. Kemudian dilakukan perubahan atau renovasi besar-besaran agar bisa dikunjungi oleh banyak orang sehingga bisa menjadi asupan ilmu pengetahuan bagi siapapun yang mendatanginya. Tentunya sebagai generasi masa kini kita harus menjaga perpustakaan bersejarah yang ada agar tetap bisa dinikmati generasi yang akan datang.

Tinggalkan komentar