Mengetahui Fakta Tentang Mauna Kea, Gunung Tertinggi di Dunia Selain Everest

Mengetahui Fakta Tentang Mauna Kea, Gunung Tertinggi di Dunia Selain Everest! Selama ini apabila ditanya perihal gunung tertinggi di dunia, maka yang akan menjadi jawabannya tentu saja gunung Everest yang terletak di antara perbatasan Nepal dan Tibet. Gunung Everest sendiri mempunyai ketinggian mencapai 8.840 mdpl. Di mana banyak pendaki yang merasakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika mampu berdiri di puncaknya.

 fakta tentang Mauna Kea

Namun, setelah diteliti lebih lanjut, faktanya ada gunung lain yang lebih tinggi dibandingkan gunung Everest. Yap, gunung tersebut bernama Mauna Kea yang mempunyai ketinggian hingga 10.210 meter. Tentu saja menurut penelitian yang ada, pengukuran tersebut dilakukan dari kaki gunung ini yang berada di bawah laut. Akan tetapi jika diukur dari atas permukaan laut, maka tingginya hanya 4.205 mdpl, sementara untuk tinggi dari dasar lautnya sendiri hanya 6.005 meter hingga ke permukaan.

Dibalik fakta tentang ketinggian gunung satu ini, ada pula fakta tentang Mauna Kea lainnya yang harus kamu ketahui. Tentu saja, pengetahuan ini dimaksudkan agar bisa menambah wawasanmu tentang berbagai hal menakjubkan yang ada di dunia. Lantas, ada fakta apa saja yang bisa disebutkan dari gunung Mauna Kea? Mari simak lanjutan rangkumannya!

  • Adanya Budaya Serta Sumber Daya Alam Melimpah

Mauna Kea memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, itulah fakta lain yang membuat gunung ini jadi menarik. Gunung tersebut juga dipenuhi dengan berbagai budaya dan adat istiadat yang terbilang menakjubkan. Dulunya bahkan gunung ini dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat bagi para dewa untuk berkumpul. Ada berbagai macam flora serta fauna yang cukup langka dan tidak ada di belahan dunia lainnya.

  • Masuk Dalam Jenis Gunung Berapi yang Purba

Meski saat ini Mauna Kea telah dibuka bagi para wisatawan, fakta tentang Mauna Kea lainnya adalah bahwa gunung ini dahulu pernah mengalami erupsi yang akhirnya membuat gunung tersebut mengeluarkan lahar dan terbentuklah berbagai lapisan padat. Hal ini tentu saja dilansir dari laman USGS atau United Stated Geoligical Survey. Seiring dengan berjalannya waktu, pasokan magma yang ada dalam Mauna Kea pun sangat minim dan terdapat prediksi yang menyatakan bahwa gunung tersebut takkan lagi mengalami erupsi setidaknya untuk saat ini.

  • Pernah Dinamakan dengan Mauna a Wakea Alias Gunung Putih

Fakta lainnya yang tak kalah menarik adalah dari segi penamaan gunung ini, di mana dulunya pernah dijuluki Mauna a Wakea yang jika diartikan berarti Gunung Putih. Tentu saja, penamaan tersebut dilakukan oleh warga sekitar yang sangat percaya perihal asal usul dari gunung yang asalnya dari nenek moyang mereka.

Baca juga : http://www.beritaaneh.com/2020/08/26/fakta-unik-kucing-mesti-ketahui/

  • Adanya Protes Keras Terhadap Fasilitas Penelitian di Puncak Gunung

Terakhir, fakta tentang Mauna Kea di mana ia menjadi suatu tempat yang digunakan untuk melakukan penelitian astronomi. Akan tetapi pada akhirnya terdapat protes keras dari warga setempat sampai organisasi alam liar karena dianggap pembangunan fasilitas untuk penelitian akan merusak habitat alami gunung tersebut. Sebab, untuk membangun berbagai fasilitas penelitian tentunya membutuhkan lahan yang tidak sedikit, sehingga akan membuat flora dan fauna yang ada di gunung menjadi terganggu.

Itulah sedikitnya 4 fakta tentang Mauna Kea yang harus kamu pahami. Gunung tertinggi ini cukup menarik untuk dipelajari dan dikunjungi. Namun, harus tetap memperhatikan batasan-batasan yang telah ditetapkan oleh warga sekitar agar tak mendapat masalah.

Tinggalkan komentar